Al-Baqarah ayat 125

09.35
“Dan ingatlah, ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman, dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat; Dan telah kami perinyahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang rukuk dan yang sujud”.

Diriwayatkan oleh Bukhari dan yang lainnya, yang bersumber dari Umar: dikemukakan, Umar menerangkan bahwa pendapatnya bersesuaian dengan firman Allah di dalam tiga perkara, yaitu :
(1) ketika ia mengemukakan usul: “Wahai Rasulullah, tidaklah sebaiknya tuan jadikan maqam (tempat shalat) Ibrahim ini menjadi tempat shalat”. Maka turunlah ayat ini (Al-Baqarah ayat 125).
Dan (2) ketika ia mengusulkan: “Telah berkunjung kepada istri-istri tuan orang baik dan orang jahat. Bagaimana sekiranya tuan memerintahkan agar dipasang hijab (penghalang)”. Maka turunlah ayat hijab (Surat 33 ayat 53).
Dan (3) ketika Rasulullah Saw dibaikot oleh istri-istrinya karena cemburu, maka Umar berkata kepada mereka: “Mudah-mudahan Tuhannya akan menceraikan kamu, dan menggantikan kamu dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu”. Maka turunlah ayat lainnya (surat 66 ayat 5) yang membenarkan peringatan Umar terhadap istri Nabi.

Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dan Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Jabir: Ketika Rasulullah Saw thawaf, berkatalah Umar kepadanya: “Ini adalah maqam (tempat salat) bapak kita Ibrahim”. Nabi bersabda: “Benar”. Umar berkata lagi: “Apakah tidak sebaiknya kita jadikan tempat shalat?”. Maka Allah menurunkan ayat ini (Al-Baqarah ayat 125).

Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih dari ‘Amr bin Maimun, yang bersumber dari Umar bin Khattab: Bahwa Umar bin Khatthab lewat di makam Ibrahim bersama Rasulullah, dan ia bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah kita tidak berdiri shalat di tempat shalatnya kekasih Tuhan?. Rasulullah menjawab: “Benar”. Kemudia Umar berkata: “Apakah tidak kita jadikan tempat shalat?”. Tidak lama kemudian turunlah ayat ini. (Al-Baqarah ayat 125).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔