Ali-Imran ayat 71 – 73

21.23
“Hai Ahli kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang hak dengan yang bathil, dan menyembunyikan kebenaran padahal kamu mengetahui?” (Ali-Imran : 71)
“Segolongan (lain) dari Ahli Kitab berkata (kepada sesamanya): ‘Perlihatkanlah (seolah-olah) kamu beriman kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang beriman (Sahabat-sahabat Rasul) pada permulaan siang dan ingkarilah ia pada akhirnya supaya mereka (orang-orang Mukmin) kembali (kepada kekafiran)”. (Ali-Imran : 72)
“Dan janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikuti agamamu. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah, dan (janganlah kamu percaya) bahwa akan diberikan kepada seseorang seperti apa yang diberikan kepadamu, dan (jangan pula kamu percaya) bahwa mereka akan mengalahkan hujjahmu di sisi Tuhanmu”. Katakanlah: “Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Allah memberikan karunia-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Ali-Imran : 73)

Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak yang bersumber dari Ibnu Abbas: Bahwa Abdullah bin As Shaif, ‘Adi bin Zaid dan Al-Harts bin ‘Auf mengadakan pembicaraan untuk beriman pada pagi hari dan kufur pada sore hari pada apa yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad dan diikuti sahabat-sahabatnya, sehingga dapat mengaburkan agama mereka dan mencontoh perbuatannya sampai keluar dari agama mereka. Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (Ali-Imran : 71, 72, 73) yang memperingatkan umat Islam agar jangan mengaburkan hak dengan yang bathil.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari As-Suddi yang bersumber dari Abi Malik: Bahwa pendeta-pendeta Yahudi melarang anak buahnya untuk percaya kepada orang yang tidak menuruti agamanya. Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (Ali-Imran : 73) yang menegaskan bahwa petunjuk Allah adalah petunjuk yang sebenarnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔