Shadaqah

Berikan donasi anda melalui rekening di bawah ini :


BNI

No. Rekening : 0204703693

Atas Nama : Yusep Ridwan


Sekecil apapun harta yang anda berikan, Insya Allah akan sangat berguna bagi kami dan kemajuan blog ini.

Al-Baqarah ayat 219

“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: ‘Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya’. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: ‘Yang lebih dari keperluan’. Demikian Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir”.
Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dari Sa’id atau Ikrimah yang bersumber dari Ibnu Abbas: Bahwa segolongan sahabat ketika diperintahkan untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah, datang menghadap kepada Rasulullah Saw dan berkata: “Kami tidak mengetahui perintah infaq yang bagaimana dan harta yang mana yang harus kami keluarkan itu”. Maka Allah menurunkan ayat “Wayas alunaka madza yunfikun, qulil’afwa” yang menegaskan bahwa yang harus dikeluarkan nafkahnya itu ialah selebihnya dari hidup sehari-hari.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Yahya: Bahwa Mu’adz bin Jabal dan Tsa’labah menghadap kepada Rasulullah Saw dan bertanya: “Ya Rasulallah, kami mempunyai banyak hamba sahaya (abid) dan banyak pula anggota keluarga. Harta yang mana yang harus kami keluarkan untuk infaq?”. Maka turunlah ayat tersebut di atas (Al-Baqarah : 219) yaitu “Wayas alunaka madza yunfiqun, qulil’afwa”.

0 comments:

Post a Comment