Al-Maidah ayat 82 dan 83

05.52


“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini adalah Nasrani”. Yang demikian itu disebabkan karena diantara mereka itu (orang-orang nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri”. (Al-Maidah : 82)

“Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al-Quran) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri), seraya berkata: “Ya Tuhan Kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orangorang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Quran dan kenabian Muhammad Saw)”. (Al-Maidah : 83)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Sa’id bin Al-Musaiyyab, Abi bakar bin Abdirrahman dan Urwah bin Zubair: bahwa Rasulullah Saw telah mengutus Amr bin Umayyah Ad-Dhamari menyampaikan surat kepada An-Najasyi. Sesampainya ke hadapan An-Najasyi surat itu pun dibacanya. Raja Najasyi pun memanggil Ja’far bin Abi Thalib dan orang-orang yang hijrah bersamanya (hijrah ke Habsyah) serta para rahib dan padri. Ia pun menyuruh Ja’far bin Abi Thalib membaca Quran dan dibacanya surat Maryam. Semua yang hadir beriman kepada isi Al-Quran dan berlinang-linang air matanya. Mereka inilah yang disebut Allah di dalam ayat tersebut di atas (Al-Maidah ayat 82 dan 83)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Sa’id bin Jubair: bahwa An-Najasyi mengirim tiga puluh orang sahabatnya yang terbaik kepada Rasulullah Saw. Rasulullah membaca surat Yasin kepada mereka, sehingga mereka menangis dan turunlah ayat ini (Al-Maidah ayat 82 dan 83) yang menceritakan adanya kaum rahib dan pendeta Nashara yang tidak sombong dan beriman kepada yang diturunkan kepada Rasululllah Saw.


Diriwayatkan oleh An-Nasai yang bersumber dari Abdullah bin Zubair, diriwayatkan pula oleh At-Thabrani yang bersumber dari Ibnu Abbas seperti itu tetapi lebih jelas: bahwa turunnya ayat ini (Al-Maidah ayat 83) berkenaan dengan An-Najasyi dan kawan-kawannya. Ayat ini menegaskan bahwa mereka bercucuran air matanya apabila mendengar ayat-ayat yang diturunkan pada Rasulullah (karena mereka yakin akan kebenarannya).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔