Al-Baqarah ayat 221

13.08
“Janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman, sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman, sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran”.
Diriwayatkan oleh Ibnu Mundzir, Ibnu Abi Hatim dan Al-Wahidi yang bersumber dari Muqatil: Bahwa turunnya ayat “Wala tankihul musyrikati hatta yu’minna” (Al-Baqaarah : 221) sebagai petunjuk atas permohonan Ibnu Abi Murtsid Al-Ghanawi yang meminta izin kepada Rasulullah Saw untuk menikah dengan seorang wanita musyrik yang cantik dan terpandang.
Diriwayatkan oleh Al-Wahidi dari As-Suddi dari Abi Malik yang bersumber dari Ibnu Abbas, dalam riwayat lain yang dikeluarkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari As-Suddi (Haditsnya munqathi’) : Bahwa kelanjutan ayat tersebut diatas, dari mulai “wala amatun mu’minatun khairun….” sampai akhir ayat (Al-Baqarah : 221), berkenaan dengan Abdullah bin Rawahah yang mempunyai seorang hamba sahaya wanita (amat) yang hitam. Pada suatu waktu ia marah kepadanya, sampai menamparnya. Ia sesali kejadian itu, lalu menghadap Nabi Saw untuk menceritakan hal itu: “Saya akan memerdekakan dia dan menikahinya”. Lalu ia laksanakan. Orang-orang pada waktu itu mencela dan mengejeknya atas perbuatan itu. Ayat tersebut diatas menegaskan bahwa menikah dengan seorang hamba sahaya Muslimah lebih baik daripada menikah dengan wanita musyrik.

Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

terimakasih sharenya,,
asbabunnuzul memang bisa menjadi pelengkap dalam upaya memahami kandungan makna dalam Qur'an. saya jadi terinspirasi untuk ukut menulis blog tentang asbabunnuzul. ini sebagian materi yang sudah di publish kompilasi asbabunnuzul

Balas
avatar

Terima kasih atas komentarnya... Alhamdulillah kalau tulisan ini menjadi inspirasi buat anda dan mudah-mudahan juga menjadi inspirasi buat yang lainnya. Saya sudah mengunjungi blog Anda, dan Tulisan Anda tentang Asbabunnuzul saya rasa lebih menarik daripada tulisan saya. Ada baiknya kita berbagi dalam hal ilmu, terima kasih.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔