Al-Baqarah ayat 231

22.27
“Apabila kamu mentalak istri-istrimu, lalu (dekat) sampai iddahnya, maka rujukilah mereka dengan cara yang ma’ruf, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang ma’ruf (pula). Janganlah kamu rujuki mereka untuk memberi kemudaratan karena dengan demikian maka sungguh ia telah berbuat dhalim terhadap dirinya sendiri. Janganlah kamu jadikan hukum-hukum Allah permainan, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu dan apa yang telah diturunkan Allah kepadamu yaitu al-kitab dan al-hikmah. Allah memberi pengajaran kepadamu dengan apa yang diturunkan-Nya itu. Dan bertaqwalah kepada Allah serta ketahuilah bahwasanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Al-‘Ufi yang bersumber dari Ibnu Abbas: Bahwa seorang laki-laki yang menceraikan istrinya, kemudian merujuknya sebelum habis masa iddahnya terus menceraikannya lagi dengan maksud menyusahkan dan mengikat istrinya agar tidak kawin dengan yang lain. Maka turunlah ayat tersebut di atas (Al-Baqarah : 231)
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari As-Suddi: Bahwa turunnya ayat ini (Al-Baqarah : 231) berkenaan dengan Tsabit bin Yasar Al-Anshari yang mentalak istrinya, dan setelah hampir habis masa iddahnya ia merujuk lagi, dan menceraikannya lagi dengan maksud menyakiti istrinya.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Umar dalam musnadnya, dan Ibnu Marduwaih, yang bersumber dari Abid-Darda. Diriwayatkan pula oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Ubadah bin Shamit. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu Abbas. Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Al-Hasan yang mana haditsnya mursal: Bahwa seorang laki-laki mentalak istrinya, kemudian berkata: “Sebenarnya aku hanya main-main saja”. Kemudian ia merdekakan hambanya tetapi tidak lama kemudian ia berkata: “Aku hanya main-main saja”. Maka turunlah ayat tersebut di atas (Al-Baqarah : 231) sebagai teguran akan perbuatan seperti itu.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔