Ali-Imran ayat 113 – 115

08.57


“Mereka itu tidak sama; diantara ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (shalat)”. (Ali-Imran : 113)
“Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengajarkan) berbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang shaleh”. (Ali-Imran : 114)
“Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menerima pahala)nya dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa”. (Ali-Imran : 115)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim, At-Thabrani dan Ibnu Mandah yang bersumber dari Ibnu Abbas: Bahwa ketika Abdullah bin Salam, Tsa’labah bin Sa’yah, Usaid bin Sa’yah, As’ad bin ‘Abd dan beberapa orang lainnya lagi dari kaum Yahudi masuk Islam, beriman membenarkan Muhammad dan mencintai Islam, berkatalah pendeta-pendeta Yahudi dan orang-orang kufur diantara mereka: “Tiada akan iman kepada Muhammad dan pengikutnya kecuali orang-orang yang paling jahat diantara kami, karena sekiranya mereka itu orang-orang yang paling baik diantara kami, tidak akan meninggalkan agama nenek moyangnya dan pergi ke agama lain”. Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (Ali-Imran : 113) yang menegaskan adanya perbedaan diantara orang Yahudi yang jujur karena beriman kepada Muhammad dan kufur kepadanya.

Diriwayatkan oleh Ahmad dan yang lainnya yang bersumber dari Ibnu Mas’ud: Bahwa ketika Rasulullah Saw mengakhirkan shalat isya, didapatinya di dalam masjid orang-orang sedang menunggu shalat. Maka bersabdalah beliau: “Ketahuilah, sesungguhnya tak ada seorangpun dari penganut agama lain yang ingat kepada Allah (shalat) di saat malam begini, selain kalian”. Maka turunlah ayat tersebut di atas (Ali-Imran : 113, 114, 115) yang melukiskan sifat-sifat kaum Mu’minin.

Share this :

Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

Maha Suci Allah.... Terima kasih Mas Deni sudah meluangkan waktu untuk membaca blog ini

Balas
avatar

"Lubabun Nuqul Fi Asbabin Nuzul" karya Imam Jalaluddin Asy-Syuyuthi

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔