Ali-Imran ayat 181

06.41
Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya Allah msikin dan kami kaya”. Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar. Dan Kami akan mengatakan (kepada mereka): “Rasakanlah olehmu azab yang membakar”.

Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak dan Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas: bahwa pada suatu ketika Abu Bakar masuk ke tempat pendidikan Taurat. Didapatinya orang-orang Yahudi sedang mengelilingi Fanhas. Ia berkata kepada Abu Bakar: “Demi Allah, hai Abu Bakar! kami tidak butuh kepada Allah, dan sesungguhnya Allah yang butuh kepada kami. Sekiranya Ia kaya, tidak akan meminjam apa-apa dari kami sebagaimana yang dianggap oleh sahabatmu (Muhammad)” (lihat surat Al-Baqarah: 245). Marahlah Abu Bakar kepadanya serta memukul mukanya. Fanhas berangkat menghadap Rasulullah Saw dan ia berkata: “Hai Muhammad! Lihat apa yang dilakukan sahabatmu terhadapku”. Nabi Saw bersabda: “Apa sebabnya engkau berbuat demikian wahai Abu Bakar?”. Abu Bakar menjawab: “Ya Rasulallah! Ia telah berkata dengan perkataan  yang sangat besar (dosanya), menganggap Allah itu miskin dan mereka kaya tidak butuh kepada Allah”. Fanhas memungkiri dan mendustakan ucapan Abu Bakar. Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (Ali-Imran ayat 181) yang menegaskan sifat-sifat Yahudi yang keji.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas: Bahwa orang-orang Yahudi menghadap kepada Nabi Saw ketika turun ayat “Man dzalladzi yuqridlullaha qardlan hasanan” (Al-Baqarah: 245). Mereka berkata: “Hai Muhammad! Tuhanmu miskin, Ia meminta kepada hamba-Nya. Maka turunlah ayat tersebut di atas (Ali-Imran ayat 181) sebagai ancaman terhadap ucapan seperti ucapan Yahudi itu.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔