An-Nisa ayat 97 - 98

07.15


Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: “Dalam keadaan bagaimana kamu ini?” Mereka menjawab: “Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)”. Para malaikat berkata: “Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah dari bumi itu?”. Orang-orang itu tempatnya ialah Jahannam, dan jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali”. (An Nisa : 97)
Kecuali mereka yang tertindas baik laki-laki atau wanita ataupun anak-anak yang tidak mampu berdaya upaya dan tidak mengetahui jalan (untuk hijrah)”. (An Nisa : 98)

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari yang bersumber dari Ibnu Abbas: bahwa diantara pasukan musyrikin terdapat kaum Muslimin Mekah (yang masih lemah imannya) yang turut bertempur menentang Rasulullah Saw sehingga ada yang terbuhuh karena panah atau pedang pasukan Rasulullah. Maka turunlah ayat ini (An Nisa ayat 97) sebagai penjelasan hukum bagi muslimin yang lemah imannya, yang menganiaya dirinya (mampu membela Islam tetapi tidak melakukannya).

Diriwayatkan oleh Ibnu Marduuwaih: bahwa nama orang-orang yang menambah jumlah musyrikin itu antara lain Qais bin Walid bin Mughirah, Abu Qais bin Al-Faqih bin Mughirah, Walid bin Uthbah bin Rabi’ah, Amr bin Umayyah bin Sufyan, dan Ali bin Umayyah bin Khalaf. Dan selanjutnya dikemukakan bahwa peristiwanya terjadi pada harb Badar, di saat mereka melihat jumlah kaum Muslimin sangat sedikit, timbullah rasa keragu-raguan pada mereka dan berkata: “Tertipu mereka dengan agamanya”. Orang-orang tersebut mati terbunuh di harb Badar itu.
Keterangan:
Menurut Ibnu Abi Hatim diantara orang-orang tersebut dalam hadits di atas, termasuk juga Al-Harts bin Zam’ah bin Al-Aswad dan Ash bin Munabbih bin Al-Haijaj.

Diriwayatkan oleh At-Thabrani yang bersumber dari Ibnu Abbas: bahwa ketika segolongan orang-orang Mekah telah masuk Islam dan Rasulullah hijrah, mereka enggan ikut dan takut berhijrah. Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (An Nisa ayat 97 – 98) sebagai ancaman hukuman bagi yang enggan dan takut memisahkan diri dari kaum yang memusuhi agama, kecuali orang yang tidak berdaya

Diriwayatkan oleh Ibnu Mundzir dan Ibnu Jarir yang bersumber dari Ibnu Abbas. Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir dari berbagai jalan: adalah segolongan orang Mekah yang telah masuk Islam, tetapi menyembunyikan keislamannya. Di waktu Badar, mereka dipaksa menyertai kaum Quraisy untuk bertempur melawan Rasulullah sehingga banyak yang mati terbunuh. Berkatalah kaum Muslimin Madinah: “Mereka itu adalah orang-orang Islam tetapi dipaksa ikut bertempur, hendaklah mintakan ampun bagi mereka”. Maka turunlah ayat ini (An Nisa ayat 97). Kemudian mereka menulis surat kepada kaum Muslimin yang masih ada di Mekah dengan ayat tadi, dan tidak ada alasan lagi untuk tidak hijrah. Kemudian mereka hijrah ke Madinah, tetapi masih dikejar dan dianiaya oleh kaum musyrikin, akhirnya mereka terpaksa pulang, kembali ke Mekah. Maka turunlah ayat (Al Ankabut ayat 10) berkenaan dengan peristiwa di atas sebagai teguran terhadap keluhan mereka yang menganggap siksaan yang dialaminya sebagai azab dari Allah.
Ayat ini pun dikirimkan lagi kepada kaum muslimin Mekah, dan mereka merasa sedih. Maka turunlah ayat (An Nahl ayat 110) sebagai janji Allah untuk melindungi orang yang hijrah dan bersabar. Ayat ini dikirimkan pula pada kaum Muslimin Mekah, dan mereka berhijrah ke Madinah, dan tidak luput dari kejaran kaum musyrikin, diantaranya ada yang selamat, tapi ada juga yang gugur.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔