Al-Maidah ayat 101

04.11


“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu, niscaya menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakannya di waktu Al-Quran itu sedang diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun”. (Al-Maidah : 101)


Diriwayatkan oleh Al-Bukhari yang bersumber dari Anas bin Malik: bahwa ketika Rasulullah Saw berkhotbah, ada seorang yang bertanya: “Siapa bapak saya?”. Nabi menjawab: “Fulan”. Maka turunlah ayat ini (Al-Maidah ayat 101) sebagai teguran bagi orang-orang yang suka bertanya tentang hal yang bukan-bukan.

Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhari yang bersumber dari Ibnu Abbas: bahwa orang-orang bertanya kepada Rasulullah Saw dengan maksud memperolok-olokkannya, ada yang bertanya: “Siapa bapak saya?”, dan ada pula yang bertanya: “Di mana ontaku yang hilang?”. Maka Allah menurunkan ayat ini (Al-Maidah ayat 101) yang melarang orang-orang mukmin bertanya hal yang bukan-bukan.

Diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi dan Al-Hakim yang bersumber dari Ali. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir seperti itu yang bersumber dari Abi Hurairah, Abu Umamah dan Ibnu Abbas: bahwa ketika turun ayat “Walillahhi ‘alannasi hijjul baiti....” (Ali Imran ayat 97) orang-orang bertanya: “Apakah tiap tahun ya Rasulullah?”. Rasul menjawab: “Tidak, karena apabila kukatakan ‘Ya’ tentu akan menjadi wajib (tiap tahun)”. Maka Allah menurunkan ayat ini (Al-Maidah ayat 101) yang melarang kaum Mukminin terlalu banyak bertanya kepada Rasul.

Keterangan:

Menurut Al-Hafidh Ibnu Hajar: Tidak ada halangan apabila ayat ini turun dalam dua peristiwa, akan tetapi hadis Ibnu Abbas lebih shahih sanadnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔