Al-Maidah ayat 57 dan 59

09.06



"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) diantara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir, (orang-orang munafik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman". (Al-Maidah : 57)

"Katakanlah: "Hai Ahli kitab, apakah kamu memandang kami salah, hanya lantaran kami beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada kami dan kepada apa yang diturunkan sebelumnya, sedang kebanyakan diantara kamu benar-benar orang-orang yang fasik". (Al-Maidah : 59)


Diriwayatkan oleh Abus-Syeikh Ibnu Hibban yang bersumber dari Ibnu Abbas: bahwa Rifa'ah bin Zaid bin At-Tabut dan Suwaid bin Al-Harts memperlihatkan selaku orang Islam padahal dia munafik. Salah seorang dari kaum muslimin bersimpati kepada dua orang itu. Maka Allah menurunkan ayat ini (Al-Maidah ayat 57) yang melarang kaum muslimin mengangkat kaum munafik sebagai pemimpin mereka.
Selanjutnya Ibnu Abbas mengatakan bahwa serombongan kaum Yahudi diantaranya Abu Yasir bin Akhtab, Nafi bin Abi Nafi dan Ghazi bin Amr datang menghadap kepada Nabi Saw, dan bertanya: "Kepada Rasul yang mana tuan beriman?" Nabi menjawab: " Aku beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya'kub dan cucu-cucunya dan terhadap apa yang diberikan kepada Musa dan Isa dan terhadap apa-apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka, kami tidak akan membeda-bedakannya yang satu dari yang lainnya dan kepada-Nya kami berserah diri" (Ali-Imran ayat 84). Ketika Nabi menyebut nama Isa, mereka mengingkari kenabiannya dan berkata: "Kami tidak percaya kepada Isa dan tidak percaya kepada orang yang beriman kepada Isa". Maka Allah menurunkan ayat ini (Al-Maidah ayat 59) berkenaan dengan peristiwa tersebut. Ayat ini merupakan teguran kepada orang-orang yang membenci Rasulullah karena Rasul beriman kepada Rasul-rasul dan apa-apa yang diturunkan kepada mereka sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔