Al-Maidah ayat 67

03.51


“Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi pimpinan kepada orang-orang yang kafir”. (Al-Maidah : 67)


Diriwayatkan oleh Abus-Syeikh yang bersumber dari Al-Hasan: bahwa Rasulullah Saw pernah berabda: “Sesungguhnya Allah telah mengutuskan dengan risalah kerasulan. Hal tersebut menyesakkan dadaku karena aku tahu bahwa orang-orang akan mendustakan risalahku. Allah memerintahkan kepadaku untuk menyampaikannya dan kalau tidak Allah akan menyiksaku”. Maka turunlah ayat ini (Al-Maidah ayat 67) yang mempertegas perintah penyampaian risalah disertai jaminan akan keselamatannya.


Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Mujahid: bahwa ketika turun ayat “Ya ayyuhar rasuulu balligh maa unzila ilaika min rabbika” (sebagian surat Almaidah ayat 67), Rasulullah bersabda: “Ya Rabbi! Apa yang harus aku perbuat, padahal aku sendirian dan mereka berkomplot menghadapiku”. Maka turunlah ayat ini (Al-Maidah ayat 67) yang memberikan ketegasan perintah penyampaian risalah kenabian.


Diriwayatkan oleh Al-Hakim dan At-Tirmidzi yang bersumber dari Aisyah: bahwa Siti Aisyah menyatakan bahwa Nabi Saw biasa dijaga oleh para pengawalnya sampai turun ayat “Wallahu ya’shimuka minannas” (Al-Maidah ayat 67). Setelah ayat itu turun Rasulullah menampakkan dirinya dari kubbah sambil bersabda: “ Wahai saudara-saudara pulanglah kalian, Allah telah menjamin keselamatanku dalam menyebarkan dakwah ini. Sesungguhnya malam seperti ini baik untuk tidur di tempat tidur masing-masing”.


Diriwayatkan oleh At-Thabarani yang bersumber dari Abi Sa’id Al-Khudri: bahwa Al-Abbas paman Nabi Saw termasuk pengawal Nabi. Ketika turun ayat “Wallahu ya’shimuka minannas” (Al-Maidah ayat 67) ia pun meninggalkan pos penjagaannya.


Diriwayatkan oleh At-Thabarani yang bersumber dari Asmah bin Malik Al-Hathmi: bahwa para sahabat biasanya mengawal Rasulullah Saw pada waktu malam sampai turun ayat “Wallahu ya’shimuka minannas” (Al-Maidah ayat 67). Sejak itu mereka meninggalkan pos penjagaannya.


Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban di dalam kitab shahihnya yang bersumber dari Abi Hurairah: bahwa para sahabat pernah meninggalkan Rasulullah berhenti di dalam perjalanan, dan berteduh di bawah pohon yang besar. Ketika itu beliau menggantungkan pedangnya di pohon itu. Maka datanglah seorang laki-laki dan mengambil pedang Rasul sambil berkata: “Siapa yang menghalangi engkau daripadaku hai Muhammad!”. Sabda Rasulullah Saw: “Allah yang akan melindungiku daripadamu, letakkanlah pedang itu”. Ketika itu pedang diletakkannya kembali. Maka turunlah ayat ini (Al-Maidah ayat 67) yang menegaskan jaminan keselamatan jiwa Rasulullah dari tangan usil manusia.


Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Jabir bin Abdillah: bahwa Rasulullah berhenti istirahat dalam pertempuran Bani Anmar di Dzatir Raqqi di kebun kurma yang tinngi dan duduk di atas sebuah sumur sambil menjulurkan kakinya. Berkatalah Al-Warits dari Bani Najjar kepada teman-temannya: “Aku akan membunuh Muhammad”. Teman-temannya berkata: “Bagaimana cara membunuhnya?”, Ia berkata: “Aku akan berkata: “Cobalah berikan pedangmu. Dan apabila ia memberikan pedangnya akau akan membunuhnya”.
Ia pun pergi mendatangi Rasul dan berkata: “Hai Muhammad! Berikan pedangmu kepadaku agar aku menciumnya”. Pedang itu oleh Rasul diberikan kepadanya, akan tetapi tangannya gemetar, dan bersabdalah Rasul Saw: “Allah mengahalangi dari maksud jahatmu”. Maka turunlah ayat ini (Al-Maidah ayat 67) yang menegaskan jaminan keselamatan jiwa bagi Rasulullah.


Diriwayatkan pula oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Jabir bin Abdillah: bahwa Rasulullah biasanya mendapat pengawalan, dan tiap-tiap hari Abu Thalib pun mengirimkan pengawal-pengawalnya dari Bani Hasyim untuk menjaganya. Ketika turun ayat ini (Al-Maidah ayat 67) Rasulullah Saw bersabda kepada kepada Abu Thalib yang akan mengirimkan pengawalnya: “Wahai pamanku! Sesungguhnya Allah telah menjamin keselamatan jiwaku dari perbuatan jin dan manusia”.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔