Al-An'am ayat 93

10.29


“Dan siapakah yang lebih dzalim daripada orang yang membuat kedustaan terhadap Allah dan orang yang berkata: “Telah diwahyukan kepada saya”, padahal tidak ada diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata: “Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah”. Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat diwaktu orang-orang yang dhalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sambil berkata): Keluarkanlah nyawamu, di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya”. (Al-An’am : 93)


Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari ‘Ikrimah : bahwa ayat “waman adhlamu min maniftara ‘alallahi kadziban, au qala uhiya ilayya walam yuha ilaihi syaiun”. (Al-An’am ayat 93) turun berkenaan dengan Musailamah Al-Kadzab.
Dan ayat “waman qala saunzila mitsla ma anzalallah” (kelanjutan dari ayat tadi), turun berkenaan dengan Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sarh yang pernah menulis kata yang berbeda dari apa yang didiktekan Nabi kepadanya. Nabi mendiktekan ‘azizun hakim’, ia menulis ‘ghafurur rahim’, yang kemudian diulang kembali oleh Nabi tapi ia membantah dengan mengatakan sama saja. Kemudian ia pun murtad dari agama Islam dan mengikuti kafir-kafir Quraisy. Ayat ini memberikan peringatan kepada orang-orang yang memalsukan wahyu Allah.

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari As-Suddi : dalam riwayat ini dikemukakan seperti hadis di atas, dengan tambahan bahwa Musailamah berkata: “Jika Muhammad diberi wahyu, maka saya pun telah diberi wahyu, dan jika Allah menurunkan kepadanya, maka kepadaku pun menurunkan pula”, dan Abdullah bin Sa’id bin Abi Sarh pun berkata: “Jika Muhammad berkata “Sami’an ‘Aliman” maka saya pun bisa berkata: “Aliman Hakima”.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔