Al-Anfal ayat 27

10.19


“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui”.
(Q.S. Al-Anfal : 27)


Diriwayatkan oleh Sa’id bin Manshur dan lainnya yang bersumber dari Abdullah bin Abi Qatadah: bahwa turunnya ayat ini (surat Al-Anfal ayat 27) berkenaan dengan Abu Lubabah bin Abdil Mundzir (seorang Muslim) yang ditanya oleh Bani Quraidhah (yang memusuhi kaum Muslimin) waktu pertempuran Quraidhah tentang pandangan kaum Muslimin terhadap mereka. Abu Lubabah memberi isyarat dengan tangan pada lehernya (maksudnya akan dibunuh).

Setelah turunnya ayat ini (surat Al-Anfal ayat 27) Abu Lubabah menyesali perbuatannya karena membocorkan rahasia kaum Muslimin. Ia berkata: “Teriris hatiku sehingga hatiku tidak dapat kugerakkan, karena aku merasa telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan lainnya yang bersumber dari Jabir bin Abdillah (Hadits ini sangat gharib di dalam sanadnya, dan susunan bahasanya perlu diteliti kembali): dikemukakan bahwa Abu Sufyan meninggalkan Mekah (memata-matai kegiatan kaum Muslimin). Hal ini disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Saw bahwa Abu Sufyan berada di suatu tempat. Bersabdalah Rasulullah Saw kepada para sahabat: “Abu Sufyan sekarang berada di suatu tempat, tangkaplah dan tahanlah ia”. Seorang dari kaum munafikin yang mendengar perintah Rasul itu memberitahukannya dengan surat kepada Abu Sufyan agar dia berhati-hati karena Nabi Muhammad telah mengetahui maksudnya. Maka turunlah ayat ini (surat Al-Anfal ayat 27) sebagai peringatan untuk tidak berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari As-Suddi: bahwa kaum Muslimin mendengarkan perintah Nabi Saw (yang dirahasiakan) tapi disebarkan diantara kawan-kawannya sehingga sampai kepada kaum Musyrikin. Maka turunlah ayat ini (surat Al-Anfal ayat 27) yang menegaskan bahwa penyebaran perintah seperti itu adalah khianat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔