Al-Isra ayat 29

04.24

 

“Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal”. (Al-Isra : 29)

 

Diriwayatkan oleh Sa’id bin Mansur yang bersumber dari Yasar Abil Hakam : bahwa kepada Rasulullah SAW datang kiriman pakaian katun. Karena beliau seorang yang dermawan maka pakaian itu dibagi-bagikan. Setelah Nabi membagi-bagikannya, datanglah serombongan orang yang meminta bagian, tapi ternyata telah habis.

Ayat ini (surah Al Isra ayat 29) turun berkenaan dengan peristiwa itu yang menegaskan bahwa apa yang didapat janganlah dihabiskan seluruhnya.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih dan lainnya yang bersumber dari Ibnu Mas’ud : bahwa   seorang anak datang kepada Nabi SAW meminta sesuatu atas suruhan ibunya. Rasulullah menjawab: “Kami tidak punya apa-apa hari ini”. Si anak itu berkata: “Ibuku mengharapkan agar aku diberi pakaian tuan”. Rasulullah membuka baju gamisnya dan menyerahkan kepada anak itu dan beliau sendiri tinggal di rumah tanpa memakai baju gamis. Maka Allah menurunkan ayat ini (surah Al Isra ayat 29) sebagai petunjuk kepada  Rasululah untuk tidak terlalu terbuka tangan.

 

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Abu Umamah : bahwa Nabi SAW pernah bersabda kepada Aisyah, bahwa beliau selalu menginfaqkan apa yang ada padanya. Aisyah berkata: “Kalau begitu tidak akan ada yang tersisa sedikit pun”. Maka Allah menurunkan ayat ini (surah Al Isra ayat 29) yang memberikan petunjuk kepada Nabi dalam mengeluarkan infaqnya.

Melihat zahirnya, ayat tersebut adalah Madaniyyah


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔