Al-Isra ayat 60

15.11

 

“Dan (ingatlah), ketika Kami wahyukan kepadamu: "Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia". Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka”. (Al-Isra : 60)

 

Diriwayatkan oleh Abu Ya’la yang bersumber dari Ummu Hani, Diriwayatkan pula oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Hasan : bahwa setelah Rasulullah diisra’kan, Rasulullah ceritakan kejadiannya kepada segolongan kaum musyrikin Quraisy. Akan tetapi mereka mengejek dan memperolok-olokan bahkan mereka meminta bukti. Lalu Rasulullah menerangkan ciri-ciri Baitul Maqdis dan juga menceritakan kafilah yang dilaluinya. Berkata Al-Walid bin Al-Mughirah : “Orang ini tukang sihir”. Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (Surat Al Isra ayat 60) yang menjelaskan bahwa peristiwa tersebut sebagai ujian bagi manusia.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Husain bin Ali, Ibnu Jarir yang bersumber dari Sahl bin Sa’id, : bahwa pada suatu pagi Rasulullah SAW seperti kebingungan. Maka ada yang berkata kepadanya: “Apa yang terjadi pada Tuan ya Rasulallah, janganlah membingungkan Tuan, karena apa yang menjadi penglihatan Tuan adalah ujian bagi mereka”. Maka turunlah ayat tersebut (Surat Al Isra ayat 60) yang membenarkan adanya ujian itu.

Keterangan :

hadits tersebut diriwayatkan pula oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Amr Ibnul Ash, Ya’la bin Murrah, dan Sa’id bin Al-Musayyab (yang sanad-sanadnya dhaif). Hadits Sa’id bin Al-Musayyab mursal.

 

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Abi Hatim dan Al-Baihaki di dalam kitab Al-Ba’tsi yang bersumber dari Ibnu Abbas : bawa Ketika Allah menerangkan “Az-Zaqqum” dalam surah Al-Waqi’ah ayat 52 sebagai peringatan kepada penghuni kampung Quraisy, berkatalah Abu Jahal kepada kaumnya: “Apakah kalian tahu apakah Zaqqum yang dipakai untuk menakut-nakuti oleh Muhammad kepada kalian?”. Mereka berkata: “Kami tidak mengetahui”. Abu Jahal berkata: “Roti pakai mentega, jika aku menemukannya pasti aku akan makan sebanyak-banyaknya”. Ayat ini (Surah Al Isra ayat 60) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut yang menegaskan bahwa dengan turunnya peringatan tentang Zaqqum mereka menjadi lebih sesat lagi, dan turun pula ayat lainnya (surat Ad-Dukhan ayat 43-44) yang menjelaskan tentang pohon Zaqqum itu.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔