Al-Kahfi ayat 110

06.05


 

“Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". (Al-Kahfi : 110)

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Abid-Dunya di dalam kitab ubl ikhlash yang bersumber dari Thawus (hadis ini mursal). Diriwayatkan pula oleh Al-Hakim dalam kitab Mustadrak (tapi maushul dari Thawus) yang bersumber dari Ibnu Abbas (Al-Hakim menshahihkannya berdasarkan syarat shahihain) : bahwa seorang laki-laki berkata: “Ya Rasulallah aku ini tabah dalam peperangan dan mengharap Ridha Allah serta ingin supaya terlihat kedudukanku oleh orang lain”. Rasulullah tidak menjawab sedikit pun sehingga turun ayat ini (surat Al Kahfi ayat 110) sebagai pegangan bagi orang yang mengharapkan Ridha Allah.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Mujahid : bahwa seorang dari kaum Muslimin berperang dan ingin kelihatan kedudukannya oleh orang lain. Maka Allah menurunkan ayat ini (surat Al-Kahfi ayat 110) yang memberikan pegangan bagaimana jalan seharusnya untuk mencapai Ridha Allah.

 

Diriwayatkan oleh Abu Na’im dan Ibnu ‘Asakir di dalam kitab tarikhnya dan As-Suddi As-Shaghir dari Al-Kalbi dari Abi Saleh dari Ibnu Abbas yang bersumber dari Zundub bin Zubair : bahwa ayat ini (surat Al Kahfi ayat 110) turun sebagai teguran kepada orang yang shalat atau shaum atau sedekah yang apabila mendapat pujian ibadahnya diperbanyak dan merasa gembira atas pujian tersebut.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔