Al-Kahfi ayat 28

15.04

 

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas”. (Al Kahfi : 28)

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih dari Juwaibir dari Ad-Dhahhak yang bersumber dari Ibnu Abbas : bahwa akhir ayat ini (surat Al Kahfi ayat 28) turun berkenaan dengan Umayyah bin Khalaf Al-Jumhi yang mengajak kepada Nabi SAW untuk melakukan perbuatanyang dibenci oleh Allah yaitu menolak orang-orang fakir dan berusaha mendekatkan tokoh-tokoh Quraisy kepada Nabi SAW. Ayat ini (surat Al Kahfi ayat 28) melarang Nabi SAW meluluskan permintaannya itu.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ar-Rabi’ : bahwa Nabi SAW menghadapi Umayyah bin Khalaf dengan baik dan lupa akan apa yang diwahyukan kepadanya. Maka turunlah ayat ini (surat Al Kahfi ayat 28) yang mengingatkan beliau untuk tidak mengikuti ajakan orang yang menyebabkan lupa kepada Allah.


Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Abi Hurairah : bahwa ‘Uyainah bin Hishnin datang menghadap kepada Nabi SAW yang sedang duduk bersama Salman Alfarisi. Ia berkata: “Jika kami datang, hendaknya orang ini dikeluarkan dan baru kami dipersilahkan masuk”. Maka turunlah ayat ini (surat Al Kahfi ayat 28) yang mengingatkan Rasulullah untuk menolak permintaannya.  

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔