Maryam ayat 64

04.31

 

“Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali dengan perintah Tuhanmu. Kepunyaan-Nya-lah apa-apa yang ada di hadapan kita, apa-apa yang ada di belakang kita dan apa-apa yang ada di antara keduanya, dan tidaklah Tuhanmu lupa”. (Maryam : 64)

 

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari  yang bersumber dari Ibnu Abbas : bahwa Rasulullah SAW bertanya kepada Jibril: “Apa yang mengahalangimu untuk berziarah kepadaku lebih sering daripada yang biasa engkau lakukan?”. Maka turunlah ayat ini (Surat Maryam ayat 64) yang menegaskan bahwa Jibril turun kepada Muhammad hanyalah atas perintah Allah SWT.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu AbiHatim yang bersumber dari Ikrimah : bahwa Jibril tidak turun membawa wahyu selama empat puluh hari. Selanjutnya dalam Riwayat ini dikemukakan cerita sebagaimana yang tercantum dalam Riwayat Al-Bukhari tersebut di atas.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu Abbas : bahwa Nabi SAW bertanya kepada Jibril: “Kedudukan manakah yanglebih dicintai oleh Allah, dan manakah yang paling dibenci oleh Allah?”. Jibril menjawab: “Saya tidak tahu sebelum saya tanyakan dahulu”. Setelah lama berlalu Jibril kembali dan  Nabi pun berkata: “Engkau telah lama tidak datang kepadaku sehingga aku mengira bahwa engkau marah”. Maka berkatalah Jibril menyampaikan ayat ini (surat Maryam ayat 64) yang menegaskan bahwa turunnya hanyalah atas perintah Allah.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak yang bersumber dari Ibnu Abbas : bahwa Ketika kaum Quraisy bertanya kepada Nabi SAW tentang pemuda-pemuda Ashhabul Kahfi, Allah tidak menurunkan wahyu kepadanya selama lima belas hari. Ketika Jibril datang kembali, Rasul menegur atas keterlambatan datangnya itu. Jibril pun menyampaikan ayat ini (surat Maryam ayat 64) sebagai jawabannya.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔